Cyberlife · August 30, 2024 0

Telkomsel Gelar Aksi Bersih Lingkungan dan Pelatihan Bencana

Telkomsel Gelar Aksi Bersih – Telkomsel baru-baru ini mengadakan kegiatan bersih-bersih sungai dan dermaga di Dusun Ramang Ramang, Maros, Sulawesi Selatan, sebagai bagian dari komitmen mereka terhadap kelestarian lingkungan. Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada membersihkan lingkungan sekitar, tetapi juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pemilahan dan daur ulang sampah, terutama yang berbahan dasar plastik.

Dalam aksi bersih-bersih ini, Telkomsel tidak sendirian. Mereka mengajak karyawan, warga sekitar, komunitas mahasiswa pecinta alam, hingga komunitas anak sungai untuk turut serta. Kegiatan public clean up ini merupakan bagian dari program Telkomsel Jaga Bumi Waste Management, yang merupakan salah satu inisiatif dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) mereka. Selain di Sulawesi Selatan, Telkomsel juga merencanakan untuk mengadakan kegiatan serupa di Bengkulu dan Jawa Barat dalam waktu dekat.

“Telkomsel selalu terinspirasi oleh semangat Indonesia untuk memberikan dampak positif, terutama dalam menjaga kelestarian bumi dan lingkungan secara selaras dengan proses bisnis perusahaan yang mengedepankan prinsip ESG. Komitmen kami adalah untuk menghadirkan inovasi yang tidak hanya memberikan manfaat bagi pelanggan, tetapi juga mendukung terciptanya kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat luas. Dalam setiap langkah perusahaan, kami memastikan bahwa visi Telkomsel untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan yang memberdayakan masyarakat Indonesia, diwujudkan dengan tindakan nyata yang sustainable,” ujar Saki H. Bramono, VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (30/8/2024).

Dalam Program Telkomsel Jaga Bumi Waste Management

perusahaan berfokus pada pengelolaan limbah dan daur ulang sampah plastik bernilai rendah, termasuk limbah Kartu SIM bekas. Limbah-limbah ini diolah menjadi produk bernilai tambah seperti phone holder, paving block, dan trash bin, yang tidak hanya berguna tetapi juga ramah lingkungan.

Inisiatif ini diharapkan dapat menciptakan dampak positif yang signifikan bagi lingkungan, sejalan dengan penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) yang diusung oleh Telkomsel. Selain itu, langkah ini juga mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang diusung oleh pemerintah Indonesia dalam visi Indonesia Emas 2045. Telkomsel berkomitmen untuk berperan aktif dalam mewujudkan visi ini melalui berbagai program dan inisiatif yang berfokus pada keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

Selain kegiatan pembersihan lingkungan, Telkomsel juga menggelar pelatihan

tanggap bencana Gladian PANJI Relawan melalui program Telkomsel Emergency Response and Recovery Activity (TERRA). Program ini bertujuan untuk membekali masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan agar siap siaga dalam menghadapi bencana.

Dalam pelatihan ini, peserta diberikan materi terkait kebencanaan, seperti Pemetaan Risiko, Alokasi Sumber Daya, Notifikasi Dini, Jaringan Evakuasi Aman, dan Integrasi Penanganan Darurat (PANJI). Selain itu, para peserta juga diajak untuk mengamati potensi bencana di sekitar mereka dan memahami pentingnya menjaga kelestarian alam, terutama di wilayah UNESCO Global Geopark Maros – Pangkep, yang dinobatkan sebagai kawasan karst terbesar dan terindah kedua di dunia pada 2023.

Melalui pelatihan ini, Telkomsel berharap dapat meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana, sekaligus mendorong mereka untuk turut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan yang vital bagi kesejahteraan bersama.

 

Baca juga artikel kesehatan lainnya.